10 Cara Membuat Google Form dengan Mudah

hosting indonesia

Google Form adalah layanan yang tersedia secara gratis dibuat oleh Google untuk para pengguna yang dapat digunakan untuk membuat formulir atau kuisioner secara online.

Biasanya layanan ini kerap digunakan oleh mahasiswa tingkat akhir untuk melakukan penelitian skripsi untuk mengumpulkan data, lalu juga sebagai formulir registrasi saat melamar kerja, order belanja online dan masih banyak lagi. Di hari pertama sekolah, banyak orangtua dan para siswa memakai Google Form untuk mengisi data peserta didik.

Pengguna pun tak perlu khawatir akan keamanan layanan ini, pasalnya seluruh data yang telah dijawab oleh responden melalui dan juga yang mengklik tautan Google Form akan secara otomatis tersimpan di Google Drive.

Cara membuat Google Form pun mudah dan tidak cepat, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pastikan kamu udah memliliki akun Google Gmail.
  2. Buka situs Google Form dengan alamat https://docs.google.com/forms/. Nanti akan muncul lima template formulir yang diinginkan seperti Blank, Event Feedback, Order Form, JobApplication, dan Time Off Request.
  3. Jika kamu memulainya dari Google Drive, buka situs https://drive.google.com/spreadsheets/ atau klik New yang terletak di sudut kiri atas lalu pilih More dan pilih Google Formulir. Di samping Google Formulir, setelah itu arahkan ke panah kanan dan klik Formulir Kosong atau dari Template.
  4. Jika sudah memilih template atau template kosong, maka kamu akan melihat judul Form atau Untitled form dengan klik tersebut kamu beri judul pada formulir yang akan dibuat. Setelah itu pada kolom Form Description buatlah deskripsi yang jelas agar orang dapat memahami tujuan dari formulir yang dibuat dengan Google Form tersebut.
  5. Pada bagian pertanyaan, bikin pertanyaan dan pilih format jenis pertanyaan misal dari Pilihan Ganda (Multiple Choice) untuk jawaban Ya, Tidak, Mungkin atau Lainnya. Kamu juga bisa memilih Jawaban Singkat atau Paragraf untuk jawaban yang membutuhkan deskripsi. Ada juga pilihan Kotak Centang (Checkboxes) dan Tarik-turun (Dropdown). Untuk menambah pertanyaan, kamu bisa klik tanda “+” di sisi bagian kanan.
  6. Kamu juga bisa membuat responen mengunggah file seperti dokumen atau foto dengan menambahkan fitur-fitur yang ada di bagian kanan.
  7. Jika pertanyaan sudah selesai disusun, klik tombol kirim di sudut kanan atas, lalu bagikan link Google Form yang sudah dibuat dan kirim ke responden yang dituju.
  8. Link Google Form juga bisa diperpendek mengklik Perpendek URL dan langsung Copy link tersebut.
  9. Untuk melihat hasil kuesioner atau formulir yang sudah dibuat, kamu bisa lihat pada bagian Tanggapan di sebelah kanan bagian Pertanyaan. Kamu akan lihat berapa banyak responden yang telah merespon.

Itulah cara menggunakan Google Form, selamat mencoba ya, semoga bermanfaat 🙂

hosting indonesia
Yogi Juliyanto
About Yogi Juliyanto 190 Articles
Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*