6 Fungsi Airplane Mode Smartphone

hosting indonesia

Biasanya fungsi airplane mode di handphone hanya digunakan saat hendak lepas landas di pesawat. Namun, tahukah kamu bahwa fitur untuk mematikan seluruh jaringan di handphone ini bisa digunakan lebih dari itu. Silakan simak, inilah 5 fungsi Airplane Mode di handphone.

Fungsi airplane mode handphone yang jarang diketahui orang:

Seperti juga namanya, fungsi utama airplane mode handphone adalah untuk membatasi sinyal jaringan saat kamu sedang dalam penerbangan. Alasan klasik yang sering diungkapkan adalah, sinyal HP menganggu komunikasi di pesawat sehingga harus dimatikan atau menggunakan fungsi ini. Tapi sebenarnya airplane mode bisa dipakai untuk tujuan ini.

1. Mengatasi sinyal yang buruk

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, airplane mode memang digunakan untuk mematikan seluruh jaringan pada handphone. Nah, ternyata begitu pula dengan sinyal. Cara untuk mengatasi sinyal yang buruk yaitu dapat kalian tempuh dengan mengaktifkan fitur Airplane Mode ini.

Saat Airplane Mode aktif, maka semua jaringan yang terhubung dengan handphone akan terputus, tetapi saat Airplane Mode dinonaktifkan kembali, secara otomatis handphone kamu akan mencari jaringan baru yang lebih bagus atau lebih kuat dari sebelumnya. Mudah bukan?

2. Mempercepat kinerja handphone Android dan iOS

Salah satu penyebab kinerja handphone Android dan iOS menjadi lambat adalah banyaknya lalu lintas data yang keluar masuk di handphone. Saat Airplane Mode aktif, semua lalu lintas data akan dimatikan sehingga membuat handphone akan menjadi cepat kembali saat Airplane Mode dinonaktifkan.

3. Mempercepat proses isi ulang baterai

Airplane Mode juga bisa membantu untuk mempercepat proses pengisian ulang daya. Kalau kamu terburu-buru ingin baterai handphone segera terisi penuh, maka aktifkan Airplane Mode sambil menghubungkan kabel dayanya.

Saat Airplane Mode aktif, semua koneksi seperti sinyal, WiFi, bluetooth, GPS dan lain-lain akan dimatikan. Sehingga daya baterai tidak tersedot untuk melakukan banyak aktivitas selain isi ulang, dengan begitu baterai pun akan lebih cepat terisi.

4. Menghemat baterai

Ketika handhone sedang low baterai, mengaktifkan Airplane Mode juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat baterai lho! Airplane Mode yang diaktifkan pada handphone akan menghentikan proses background dari handphone tersebut. Jadi, kapasitas baterai pun akan tidak mudah berkurang.

5. Menghindari gangguan

Ingin tenang?

Bunyi getar atau suara notifikasi dari handphone terkadang menjadi salah satu pengganggu yang bisa mengalihkan perhatian saat kita sedang berkonsentrasi. Cara terbaik untuk menghindari gangguan tersebut adalah dengan cara mengaktifkan Airplane Mode. Dengan aktifnya Airplane Mode, maka tidak akan ada notifikasi masuk yang mungkin bisa mengganggumu.

6. Bisa untuk alasan keselamatan

Airplane Mode juga berguna untuk keselamatan. Dengan mode ini, pengguna handphone akan lebih berkonsentrasi dalam berkendara. Kegiatan lainnya yang memerlukan Airplane Mode adalah saat menonton sebuah film atau pertunjukan yang memang melarang penonton mengaktifkan atau membunyikan handphone, sebut saja bioskop, konser drama, atau konser musik klasik.

Perlu diingat bahwa kita juga tidak bisa mendapatkan telepon dan pesan saat menggunakan Airplane Mode, sehingga sebaiknya tidak perlu seharian penuh untuk mengaktifkan mode ini.

Itulah 5 fungsi Airplane Mode handphone yang jarang diketahui. Kalau kamu suka menggunakan fungsi Airplane Mode yang mana?

hosting indonesia
About Yogi Juliyanto 200 Articles
Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*