7 Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Xiaomi

Pasti dari kalian atau mungkin kamu sendiri pernah merasa bahwa Smartphone lemot atau kinerjanya menurun, nah dalam artikel ini akan dibahas bagaimana mengatasinya agar kinerja smartphone kamu makin ngebut lagi. Yuk kita simak tips nya.

1. Uninstal/ copot aplikasi yang tidak diperlukan

Mungkin salah satu dari kita atau bahkan kamu mempunyai beberapa aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan tidak pernah digunakan dan umpama dihapus tidak begitu berpengaruh pada kamu. Aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan saya rekomendasikan untuk di Uninstal saja. Setelah itu mari kita ke “System -> Installed apps -> Running” adakah aplikasi yan berjalan tanpa seizin kamu, aplikasi yang berjalan inilah yang membebani RAM dan SOC kamu untuk beroprasi lebih maksimal hapus aplikasi berjalan yang tidak kamu perlukan.

2. Manage/atur Aplikasi Yang Berjalan dan AutoStart

Anda juga harus bisa mengatur untuk membatasi aplikasi yang berjalan, karena terlalu banyak apikasi yang jalan juga dapat memperlambat kinerja MIUI. Adapun caranya yakni Security –> Permission -> auto start anda dapat nonaktifkan aplikasi dari daftar AutoStart untuk mempersingkat waktu boot serta menghemat RAM.

3, Bersihkan Cache Data secara teratur

Cache adalah tempat penyimpanan sementara pada sebuah perangkat, cache akan mempertahankan beberapa jenis data untuk dapat digunakan kembali. Tujuan dari cache adalah untuk meningkatkan kecepatan serta melancarkan perangkat saat beroperasi, juga untuk mengurangi jumlah data yang diproses dan dikonsumsi. Tapi terlalu banyak file sampah dan juga chache aplikasi pada perangkat Android anda bisa juga memperlanbat kinerja / performa dari MIUI itu sendiri. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita rutin untuk membersihkan Chache Aplikasi dan Sampah File Sistem, adapun caranya yakni Security –> pilih Cleaner.

4. Bersihkan Penyimpanan Perangkat

Terkadang anda harus melakukan cara ini karena pada saat kamu meng Uninstal aplikasi dikahwatirkan ada nya data aplikasi yang tertinggal, jika data aplikasi yang telah kita uninstal tertinggal dan penyimpanan kamu semakin penuh ini akan mempengaruhi kinerja smartphone kamu. Caranya langsung “Security app -> Cleaner -> Deep Clean”. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengahpus foto ganda/foto yang tidak sengaja, file installer Apk dan memeriksa file apa saja menghabiskan penyimpanan anda.

5. Menyembunyikan Animasi Sistem

Mungkin ini bukan rahasia umum tetapi dengan menonaktifkan animasi, akan membuat kinerja MIUI menjadi lebih cepat ini karena saat Animasi sistem ditampilkan akan membebani GPU smartphone kamu. Untuk menyembunyikannya, pergi ke menu Settings -> Battery and Performance -> System animation -> Hide System animations.> Reboot.

6. Update MIUI versi Terbaru

Update akan membawa stabilitas sistem, perbaikan bug sebelumnya dan beberapa optimasi untuk meningkatkan kinerja smartphone Anda.

7. Factory Data Reset

Dalam beberapa kasus cara terbaik untuk mempercepat adalah dengan melakukan reset pabrik. Perlu diingat jika melakukan reset pabrik berarti senua data pada smartphone kamu akan di hapus, jangan lupa melakukan backup sebelum kamu melakukan cara ini, caranya: Settings -> Additional settings -> Backup & reset -> Reset device.

 

hosting indonesia
Admin
About Admin 86 Articles
Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*