8 Cara Jaga Privasi Media Sosial

hosting indonesia
Privacy

Privasi adalah hal yang kini sulit untuk dijaga. Kamu bisa menemukan data pribadi orang lain di internet hanya dengan berbekal nama lengkapnya saja. Ini karena semua informasi pribadi termasuk email, nomor telepon, dan data lainnya dengan mudah kita bagikan melalui media sosial.

Maka tidak mengherankan jika terjadi banyak cyber crime di sepuluh tahun terakhir ini. Termasuk penculikan, jual beli data pribadi, pembobolan rekening, dan lain-lain.

“Etika berselancar di internet itu sebetulnya sama dengan etika saat offline, di offline kita melakukan bullying terhada orang.

Di internet jadi sama, kita juga harus menjaga perasaan orang lain, kita tidak melakukan hate speech, kita tidak boleh melakukan Cyber bullying kita tidak boleh melakukan tindakan-tindakan yang sebetulnya secara etika itu tidak pas dilakukan”

Kamu gak mau kan menjadi salah satu korbannya? Yuk ambil gadgetmu dan ikuti cara-cara melindungi privasi di media sosial berikut ini!

1. Go private

Mengaktifkan mode private di media sosial adalah salah satu cara untuk melindungi privasimu. Ini akan membuatmu yakin bahwa orang-orang yang melihat unggahanmu adalah orang yang kamu kenal di dunia nyata.

Memproteksi akun media sosial bisa mengurangi interaksi dengan akun yang tidak kamu kenal. Kamu jadi lebih bisa berkomunikasi dengan orang-orang terdekat.

2. Menyeleksi permintaan pertemanan

Penting untuk tidak langsung menerima semua permintaan pertemanan di media sosial seperti Facebook. Kamu tidak tahu apa niat masing-masing akun yang ingin mengikutimu. Mungkin mereka hanya iseng atau bisa jadi mereka punya niat lainnya.

Untuk mengantisipasi, lebih baik kamu menerima akun yang benar-benar kamu kenal. Media sosial lain seperti Twitter dan Instagram juga memungkinkan pengguna untuk menyeleksi followers jika akun mereka diatur menjadi private.

3. Jangan pernah menghubungkan akun media sosial satu dengan lainnya

Mayoritas milenial memiliki lebih dari satu akun media sosial. Sebaiknya jangan menghubungkannya satu sama lain.

Ini akan memudahkan orang lain mendapatkan data pribadi dengan lengkap. Kamu gak mau kan informasi dari akun Facebook-mu tampil di LinkedIn?

4. Hindari pilihan sign up atau sign in dengan tombol media sosial

Banyak situs dan aplikasi yang menawarkan kemudahan pada pengguna barunya untuk mengisi data pribadi. Mereka hanya perlu menghubungkannya dengan tombol Facebook, Google Account, atau media sosial lainnya.

Memang praktis dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Namun ini akan merugikanmu karena situs atau aplikasi tersebut akan mengambil data pribadimu dengan mudah.

5. Jangan membagikan lokasimu di media sosial

Walaupun terlihat sepele, membagikan lokasi di media sosial adalah hal yang sebaiknya kamu hindari. Apalagi jika kamu membagikannya secara real time, seperti di Instagram Story atau Snapchat.

Informasi tersebut juga akan menunjukkan bahwa kamu sedang tidak berada di tempat tinggalmu. Ini akan memudahkan terjadinya kriminalitas. Untuk menghindarinya sebaiknya jangan aktifkan GPS ketika mengakses media sosial.

6. Jangan klik link yang tidak jelas asalnya dari mana

Kamu harus berhati-hati jika ingin meng-klik link atau tautan yang ada di timeline kronologi. Sebab terkadang link bisa berisi konten pornografi, situs yang berbahaya, atau situs phishing yang akan mencuri password dan informasi rahasia lainnya.

7. Sebaiknya gunakan password yang berbeda-beda di setiap akun

Banyak orang menyamakan password untuk semua akun media sosial yang dimiliki. Alasannya agar mudah diingat. Memang benar menggunakan password yang sama memberikan kita kemudahan.

Namun jika satu akunmu dibobol oleh orang lain. Mereka akan dengan mudah mengambil akun lainnya. Tentu kamu gak mau kan?

8. Jangan membagikan informasi yang akan kamu sesali

Jejak digital seseorang di internet akan direkam dan tidak bisa dihilangkan secara permanen. Apa yang kamu unggah akan berada di internet selamanya.

Selain berisiko untuk privasimu, membagikan hal yang kamu sesali juga akan berdampak bagi reputasimu. Jadi pikirkan dua kali sebelum kamu mengunggah sesuatu.

Gak perlu terlalu khawatir lagi dengan keamananmu di media sosial dengan sudah mengetahuinya. Selamat mencoba ya!

Dikutip : Berbagai Sumber

hosting indonesia
Yogi Juliyanto
About Yogi Juliyanto 184 Articles
Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*