Cara Membackup Website dengan Mudah Bagian 2

hallo semua sekarang saya membuat artikel lagi cara membackup website dengan mudah bagian 2 tapi sebelumnya saya sudah buat artikel bagian 1 namun sekarang dengan cara bebeda untuk membackup website dengan cari ini sebenarnya bisa direstore file secara manual namun untuk selanjutnya cara restore file website akan saya buat ya 😀

Website Anda perlu di-backup, terutama untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan website Anda tidak bisa diakses atau malah membuat Anda kehilangan data. Kali ini saya akan membagikan cara membackup website dicPanel hosting dengan sangat mudah ikuti langkah berikut.

  1. Di halaman utama cPanel Anda, masuk ke bagian Files kemudian pilih “File manager”.
  2. Dihalaman direktori file website ada beberapa file yang harus dibackup bila anda memiliki website disubdomain atau domain berbeda tinggal ragetkan aja difolder yang anda ingin backup contoh gambar dibawah.
  3. selanjutnya anda harus klik dimenu “select all” kemudian klik kanan pilih “compress”
  4. kemudian ada beberapa pilihan jenis format compress namun disini saya pilih zip dan klik tombol “compress file”
  5. selanjutnya anda harus menunggu beberapa menit hinga progress sedang berjalan dan jika muncul popup comparissin results klik tombol “close”
  6. selanjutnya anda siap mendownload file zip yang sudah di buat cara mendownloadnya bisa klik kanan lalu download
  7. selanjutnya untuk database sql anda kembali ke halaman cpanel utama kemudian anda klik menu phpmyadmin dan tunggu halaman akan redirect ke halaman phpmyadmin database website.
  8. dihalaman phpmyadmin anda harus memilih sql file website yang ada ingin export/backup.
  9. selanjutnya pada anda harus klik menu export lalu klik “GO” nah yang terakhir ini adalah mendownload file sql database website anda.

nah sekarang langkah-langkah untuk backup file website sudah selesai dan tentunya juga memakan diskpace karena ini manual tetapi ada beberapa provide hosting menyediakan file website tanpa harus menambah atau memakan dispace hosting anda berlangganan 🙂 jadi anda bisa download langsung tanpa harus melakukan langkah diatas atau artikel sebelumnya. OK sekian dulu ya bro akan ada artikel selanjutnya untuk membackup website bagian 3 terima kasih sudah membaca diblog artikel saya buat semoga bermanfaat ya 🙂

hosting indonesia
Admin
About Admin 81 Articles
Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*