Cara Membayar Listrik Online Dengan Mudah

hosting indonesia

Kebutuhan listrik semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan pembangunan rumah baru. Hal ini mendorong meningkatnya pemasangan listrik baru. Belum lagi adanya permintaan tambah daya setrum lebih besar, baik oleh pelanggan rumah tangga maupun untuk industri.
Listrik di Indonesia dikelola oleh PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) dengan biaya operasional yang besar. Apalagi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut menjalankan mandat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun pembangkit listrik 35.000 Megawatt (MW) untuk memenuhi kebutuhan listrik dari Sabang sampai Merauke secara merata.
Dengan investasi yang sangat besar untuk menghasilkan listrik, pelanggan yang mengonsumsi listrik dari PLN wajib membayar rekening listrik demi kelancaran operasional PLN. Tunggakan rekening listrik dapat mengganggu kinerja keuangan perusahaan pelat merah ini sehingga bisa berdampak pada penyaluran listrik di rumah atau ke bisnis Anda.
Buat Anda yang belum tahu cara mengecek tagihan listrik dan membayarnya, berikut penjelasannya:

Cara Mengecek Tagihan Listrik

Ketika Anda membuka website PLN www.pln.co.id, masukkan ID Pelanggan (Identitas pelanggan) listrik rumah Anda yang terdiri dari 12 angka. Lalu masukkan sandi yang tertera di halaman web tersebut, pada tempat yang telah disediakan. Setelah itu klik login. Jika berhasil, maka akan muncul halaman web, yang menunjukkan informasi berapa besar tagihan listrik yang harus Anda bayar.
Sedangkan cara cek tagihan listrik via aplikasi PLN Mobile, yakni:
1. Download dulu aplikasi PLN Mobile di ponsel Anda
2. Pilih menu informasi pada tab menu
3. Pilih menu informasi tagihan dan token listrik
4. Masukan ID Pelanggan atau nomor meteran Anda
5. Klik cari
6. Aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik Anda beserta besaran nominalnya

Tempat Membayar Rekening Listrik Secara Online

Tempat Bayar Listrik via chip-sakti.net
Pada awalnya pembayaran listrik membuat orang harus antre di kantor PLN. Namun kini seiring perkembangan zaman pembayaran rekening listrik dapat dilakukan secara online di loket-loket atau bank yang bekerja sama dengan PLN, sehingga tidak perlu lagi antre panjang di kantor PLN. Dengan fasilitas online ini, pelanggan tidak lagi terikat pada satu tempat pembayaran. Berikut tempat pembayaran rekening listrik secara online:

Kantor POS

Pembayaran ini dilakukan di loket Kantor Pos. Jika pelanggan memilih membayar dengan cara ini, pelanggan bisa membayar di semua Kantor Pos atau Mobil Pos keliling yang sudah terdaftar sebelumnya.

Anda dapat membayar listrik pascabayar atau membeli pulsa listrik untuk prabayar di loket-loket penyedia jasa PPOB, yaitu perbankan yang bekerja sama dengan PLN melalui ATM, Internet Banking dan SMS Banking. Dengan demikian, pembayarannya akan langsung masuk ke kas PLN secara real time

Lewat e-Commerce

Penggunaan metode cashless sebagai metode pembayaran atau dikenal dengan istilah fintech. Sekarang Anda bisa melakukan pembayaran apa saja termasuk tagihan listrik tanpa perlu bawa segepok uang tunai di dompet. Tinggal buka aplikasi e-commerce, seperti TravelokaPay, Bukalapak, Tokopedia, OVO, dan lainnya.

 

hosting indonesia
Admin
About Admin 107 Articles
Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*