Cara Membersihkan Malware Pada WordPress

hosting indonesia

Salah satu acaman serius bagi pemilik website adalah malware. Selain membahayakan situs kamu, malware juga berbahaya bagi pengunjung. Meskipun selalu update, keamanan adalah masalah serius pada setiap website wordpress.

Sebagai CMS populer, wordpress sering kali menjadi sasaran hacker, spammer dan orang lain berniat jahat. Serangan malware dapat sangat menyusahkan website WordPress Anda. Bentuk serangannya pun bermacam-macam, mulai dari pencurian informasi login, error pada kode template, hingga melakukan exploit pada instalasi WordPress.

Nah, cara menghapus malware WordPress terbaik dapat dengan menggunakan plugin bernama Wordfence. Dalam tutorial ini kami akan berikan caranya.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda membutuhkan:

  • Akses ke dashboard admin WordPress

Langkah 1: Backup File dan Database Website Anda

Pertama-tama Anda perlu melakukan backup terlebih dahulu. Langkah ini perlu Anda prioritaskan guna mengantisipasi hal yang tidak terduga, misalnya tidak sengaja menghapus file selama proses perbaikan dilakukan.

Silakan ikuti tutorial cara download file backup website untuk melakukan backup pada website Anda.

Langkah 2: Scan Instalasi WordPress dengan Wordfence

Ada berbagai macam plugin yang dapat Anda gunakan untuk melakukan scan pada website WordPress.

Salah satunya adalah WordFence. Beberapa fitur menarik yang dapat Anda gunakan meliputi scan, firewall, pemblokiran, memantau percobaan login, dan lain-lain.

Selain itu, Wordfence juga dapat melakukan restore atau modifikasi file yang terinfeksi pada website WordPress Anda.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Silakan instal dan aktifkan plugin WordFence. Caranya mudah login wordpress, menu plugins, add new kemudian tulis dipencarian plugin “WordFence” kamu pilih Wordfence Security – Firewall & Malware Scan

2. Setelah Anda instalasi selesai dan Anda telahmengaktifkan plugin WordFence, Anda akan melihat menu baru pada dashboard WordPress yaitu Wordfence. Silakan klik menu Options yang berada di dalam menu Wordfence.

3. Pada bagian menu Options, akan tampil bagian dari Scans to include. Anda pun dapat mengatur pilihan scan pada bagian ini. Aktifkan plugin untuk cek template maupun plugin yang diinstal dan membandingkannya dengan yang ada di WordPress.org.

Anda juga dapat mengaktifkan fungsi untuk mencari lokasi dari file yang terinfeksi diluar instalasi WordPress dan juga mengecek gambar. Silakan pilih fitur yang ingin Anda gunakan ketika melakukan scan, kemudian klik Save Changes.

4. Selanjutnya buka menu Scan pada plugin Wordfence.

5. Pada halaman scan, silakan klik Start a Wordfence scan untuk memulai scan pada website Anda. Untuk lama proses scan akan memerlukan waktu berdasarkan ukuran file pada website, jadi silakan untuk ditunggu sampai proses scan selesai.

Setelah proses scan selesai, hasil scan dapat Anda lihat pada kolom Scan Summary.

5. Jika plugin ini menemukan file yang terinfeksi, maka akan ada pemberitahuan pada kolom summary atau pada bagian bawah dari halaman scan.

Tergantung file pada website Anda, mungkin Anda perlu untuk menghapusnya atau mengekstract code berbahaya, jika code tersebut dimasukkan pada file website Anda.

Kesimpulan

Pada tutorial ini, Anda telah belajar bagimana melakukan scan dan menghapus malware pada website WordPress dengan bantuan plugin Wordfence. Jika menggunakan plugin tersebut gagal, pilihan lainnya adalah dengan memperbaharui instalasi WordPress Anda dan menghapus file atau folder yang terinfeksi dan jangan mencoba menggunakan plugin dan theme ilegal. Guna menghindari masalah tersebut,

sumber : nigahoster

hosting indonesia
Admin
About Admin 100 Articles
Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*