Cara Memilih Motherboard Bagus dan Berkualitas

hosting indonesia

Motherboard atau bisa disebut juga mainboard bisa dikatakan pondasi dari sistem komputer (PC) itu sendiri, karena semua peripheral atau komponen-komponen PC akan ditancapkan di motherboard ini makanya bisa dibilang motherboard ini induk dari semua komponen PC lainnya. Jadi jika Anda mau merakit PC maka motherboard ini salah satu part yang paling vital sekali, tidak boleh sembarangan dalam memilih. Semakin baik kualitas motherboard maka performa dari komputernya pun akan semakin baik dan tentunya umur pemakaiannya lebih panjang daripada motherboard dengan kualitas abal-abal. Bagi Anda yang berkeinginan mengganti motherboard, berikut ini cara memilih motherboard murah bagus dan berkualitas.

Dimensi
Ada beberapa ukuran motherboard yaitu ATX dengan ukuran standar sedangkan microATX memiliki dimensi lebih kecil. Hal ini yang harus ditentukan terlebih dahulu karena tergantung budget dan juga ukuran casing, rata rata ukuran microATX hampir seluruh komponen terintegrasi seperti VGA dan slot memory yang lebih sedikit.

Chipset 
Letaknya ada disebelah soket prosesor dengan pendingin pasif biasanya berbentuk kontak bujur sangkar. Chipset inilah yang akan mengontrol semua lalu lintas komunikasi antara prosesor dengan memory prosesor dengan hard disk dan komponen-komponen yang lain agar tidak bentrok. Biasanya chipset dari Intel ataupun VIA technology.

Jenis Prosesor 
Pilih motherboard harus disesuaikan dengan prosesor yang ingin dibeli. Masih ada dua pemain besar yaitu Intel dan AMD dan keduanya berbeda soketnya. Dulu pernah ada socket converter untuk CPU dimana yang ingin upgrade prosesor dari Celeron ingin upgrade ke Intel Core, dan sekarang mungkin tidak ada lagi.

Tipe VGA Card 
Seperti poin pertama, bila menggunakan microATX berarti sudah terintegrasi chip untuk VGA sedangkan untuk ATX harus membeli VGA card yang sekarang sudah menggunakan PCI Express yang tentunya lebih cepat dari slot AGP. Jika Anda penyuka game, render gambar 3D ataupun video editing sangat perlu membeli VGA dengan dukungan slot PCI Express. Ini untuk meningkatkan kinerja sudah banyak software video editing maupun game tidak mendukung VGA yang terintegrasi di dalam motherboard.

Jumlah Slot PCI-PCI Express
Perhitungkan juga penggunaan slot PCI PC Express semisal jika ingin menambah VGA tambahan, sound card karena sound card yang sudah terintegrasi di dalam motherboard kurang memuaskan dan ingin menggantinya semisal dengan merk Sound Blaster. Selain itu juga penambahan USB external juga meminta slot PCI pada motherboard walaupun tidak secara langsung dihubungkan.

SATA Hard Drives 
Carilah motherboard yang sudah mendukung SATA hard disk drives karena tipe hard disk inilah yang banyak beredar di pasaran. Bentuknya biasanya tipis dan kecil, untuk motherboard dulu masih menggunakan konektor ATA dengan kabel data yang cukup lebar. Perhitungkan juga jumlah port SATA yang ada dalam motherboard, siapa tahu anda ingin menambah HDD baru ke dalam PC.

Fitur Tambahan
Motherboard sekarang tidak seperti dulu, banyak sekali yang sudah melengkapinya dengan HDMI untuk dihubungkan ke HDTV pada televisi, adanya Wi-Fi yang sudah terintegrasi, fasilitas Home Cloud sebagai sarana remote data dari PC rumah ke PC kantor ataupun laptop pribadi dan masih banyak lagi fitur-fitur tambahan yang tentunya semakin banyak akan semakin mahal pula harga motherboard tersebut.

Itulah cara singkat memilih motherboard yang baik dan berkualitas. Semoga bermanfaat.

hosting indonesia
Admin
About Admin 112 Articles
Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*