Cara Menggunakan Layanan Gratis CloudFlare Railgun

hosting indonesia

Apa itu CloudFlare? Apa keuntungan dan kerugian menggunakan CloudFlare? Bagaimana saya bisa mengaktifkan CloudFlare di shared hosting atau VPS? Itulah mungkin beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para blogger atau webmaster. Pada artikel ini, kita akan membahas semuanya tentang CloudFlare dan Railgun CloudFlare Pada hosting.

CloudFlare adalah sebuah CDN (Content Delivery Network) yang memiliki fitur lebih baik dari standar CDN yang ditawarkan. Ada banyak keuntungan dan juga beberapa kerugian dari CloudFlare. CloudFlare adalah sebuah CDN yang berada ditengah-tengah antara nama domain dan web hosting. CloudFlare menyediakan keamanan tambahan untuk serangan DDoS, selain juga merupakan sumber cache statis yang membuat website dapat dimuat lebih cepat.

Gambar Cara kerja CloudFlare

Keuntungan menggunakan CloudFlare

  • Menyembunyikan IP address asli dari web hosting sehingga hacker tidak dapat menyerang server.
  • Membuat cache situs sehingga sumber daya untuk memuat situs lebih cepat dan mengurangi beban server.
  • Memberikan perlindungan terhadap semua serangan DDoS dengan mengubah keamanan keamanan situs.
  • Jika situs down, CloudFlare akan terus melayani cached data sampai situs up kembali.
  • Jika registrar tidak memberikan pilihan untuk menambahkan DNS records, kita dapat menggunakan nameservers dari CloudFlare dan menambahkan host DNS records disana.
  • CloudFlare menawarkan layanan gratis dan memungkinkan kita untuk menambahkan beberapa domain sekaligus.
  • Kita dapat memblok akses situs dari daerah atau negara tertentu, jika menerima banyak serangan dari negara-negara tertentu.
  • Memberikan SSL gratis, yang dapat juga digunakan pada shared host.

Kerugian menggunakan CloudFlare

  • Karena CloudFlare bertindak sebagai man-in-the-middle, jika CloudFlare down, situs juga akan down, bahkan jika web hosting up.
  • CloudFlare memungkinkan kita untuk mengubah keamanan website menjadi “I am under attack” mode, yang memblok semua upaya serangan DDoS. Tapi juuga memblok semua robot, yang merupakan kerugian bagi sebagian orang.

Cara Setting CloudFlare di cPanel

Apakah anda memiliki hosting di DomaiNesia? Apabila iya, maka anda dapat dengan mudah mengaktifkan CloudFlare di cPanel. Adapun caranya yaitu,

1. Login cPanel Hosting

Masuk ke dalam cPanel anda melalui https://namadomain/cpanel, lalu login sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting.

2. Mencari Menu CloudFlare

Pada form pencarian silahkan ketik “Cloudflare” maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Kemudian silahkan klik CloudFlare.

3. Mendaftar CloudFlare

Setelah itu anda akan diarahkan dengan halaman CloudFlare. Untuk mengaktifkan CloudFlare, maka anda harus mendaftar terlebih dahulu. Silahkan masukkan alamat email beserta password. Beri tanda centang pada tulisan I agree to CloudFlare’s terms and conditions and privacy policy. Lalu klik Sign Up for CloudFlare.

4. Mengaktifkan CloudFlare

Setelah proses pendaftaran akun selesai, maka CloudFlare siap diaktifkan. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu memilih domain yang ada di web hosting. Terkadang, satu hosting dapat memiliki beberapa nama domain sekaligus. Untuk itu, anda perlu memilih nama domain terlebih dahulu. Pada bagian Active Zone, silahkan pilih domain.

Kemudian anda akan mendapati sebuah tabel yang berisi keterangan bahwa CloudFlare pada domain yang dipilih belum aktif. Untuk itu, anda harus mengaktifkan CloudFlare dengan cara klik pada Provision Domain with CNAME Setup.

Dan bisa dilihat, CloudFlare telah aktif di domain tersebut. Pastikan pada table Use CloudFlare telah tertulis “active”. Hal itu berarti status CloudFlare telah aktif.

5. Berbagai Menu di CloudFlare

Terdapat 4 menu CloudFlare yang bisa anda gunakan.
a. Home
Pada Menu Home, anda dapat melakukan konfigurasi ipv6 serta pengaturan cache. Anda dapat mengaktifkan fitur Always Online(pada saat server down, tetap akan menampilkan cache website), memilih level cache, serta mengaktifkan Railgun. Untuk mengaktifkan fitur- fitur tersebut cukup mudah. SIlahkan klik pada pilihan On/ Off. Apabila On (berwarna hijau) itu berarti fitur telah aktif.

b. Domains
Anda dapat mengetahui beberapa domain serta subdomain yang menggunakan CloudFlare. Terdapat perbedaan warna pada bagian Use CloudFlare yaitu warna abu- abu dan orange.
*Keterangan
Warna abu- abu : Koneksi antara domain dan hosting tidak melalui CloudFlare
Warna orange : Koneksi antara domain dan hosting melalui CloudFlare

c. More
Menu ini berisi tentang pengaturan security, speed dan development mode. Anda dapat mengaktifkan fitur security untuk menghindari adanya DDOS dan SPAM dalam server.

d. Analytics
Berisi grafik request, bandwidth, visitor serta beberapa serangan yang diproteksi oleh CloudFlare. Anda juga dapat mengamati melihat data cache maupun uncached dalam bentuk grafik. Sehingga, proses- proses yang terjadi dalam server dapat terlihat dan proses analisisnya pun menjadi lebih mudah. Karena data yang disajikan sudah dalam bentuk grafik.

6. Mengaktifkan Mode Under Attack

Selain itu, ketika website sedang diserang oleh hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab maka anda juga dapat mengaktifkan Mode Under Attack. Dengan cara melakukan klik pada “Enable I’m Under Attack Mode”.

Bagaimana Cara Setting Railgun?

Railgun merupakan sebuah teknologi web optimization yang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja website. Railgun bekerja sama dengan CloudFlare akan membentu pengelolaan cache sehingga performa website anda menjadi 200% lebih cepat. Untuk mengaktifkan Railgun, maka anda hanya perlu memilih Menu Home di CloudFlare. Scroll ke bawah hingga menemui Railgun. Silahkan aktifkan server dengan cara klik On pada bagian Connected to Website. Pastikan Railgun State (status Railgun) pada keadaan active!

Penggunaan SSL di CloudFlare

Jika anda menggunakan Paket Free CloudFlare, biasanya akan langsung terintegrasi dengan SSL CloudFlare. Untuk melakukan pengecekan, silakan login CloudFlare lalu klik Home. Kemudian klik Menu Crypto lalu pada bagian SSL, silakan pilih Full. Pastikan pada bagian Universal SSL Status berwarna hijau dan bertuliskan Active Certificate.  Jika domain telah terpasang SSL lainnya, maka SSL akan tetap menggunakan SSL milik CloudFlare sepanjang anda masih menggunakan Paket Free CloudFlare. Jika ingin menggunakan SSL dari vendor lain seperti Comodo, GeoTrust, Symantec ataupun GlobalSign, silakan gunakan Paket Business CloudFlare.

Kesimpulan

Kolaborasi antara CloudFlare dan Railgun akan dapat meningkatkan performa website yang anda miliki. Terutama pada pengelolaan cache yang terkadang begitu menguras kapasitas server. Anda dapat melakukan setting cloudflare di cpanel dan melakukan pengaturan Railgun dengan mudah melalui cPanel DomaiNesia. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai seluk beluk CloudFlare

hosting indonesia
Admin
About Admin 100 Articles
Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*