Cara Menghubungkan Domain ke VPS Hosting Server

hosting indonesia

Hi bro siang ini saya ingin membuat tutorial tentang seputar vps hosting untuk pemula dan saya juga masih pemula banget dan masih banyak belajar. Saya beli vps di idcloudhost yang harganya terjangkau, oklah sekarang saatnya serius untuk menulis artikel tentang Cara Menghubungkan Domain ke VPS Hosting Server.

Untuk menggunakan nama domain di VPS saya harap kamu sudah memiliki vps dan domain, Anda harus terlebih dulu mengubah beberapa hal di DNS. Melalui tutorial ini, kami akan menjelaskan cara menghubungkan domain ke VPS menggunakan dua metode, yakni:

  • Mengubah A record di DNS zone terkini.
  • Mengatur DNS zone baru dengan nameserver.

Menggunakan SSH

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari alamat IP virtual server. Di panel hosting.

dan Anda dapat mendownload putty jika anda menggunakan komputer os windows klik disini

tapi saya disini mendownload versi MSI (‘Windows Installer’) 64 bit dan kemudian install software putty tadi seperti biasa

Metode 1 – Cara Menghubungkan Domain ke VPS via A record

Selain mudah, cara menghubungkan domain ke VPS via A record ini memungkinkan Anda untuk mengubah A record terkini di authoritative DNS zone. Ini berarti A record switch harus dilakukan di DNS zone, ke mana nameserver mengarahkan.

Jika Anda memilih cara mengarahkan domain ke VPS dengan metode ini, maka file DNS zone dan semua entry lainnya yang ada (CNAME, MX, NS, dan record lain) akan tetap tersimpan di provider saat ini. Metode ini ditujukan bagi pemula atau mereka yang tidak ingin mengganti lokasi DNS zone.

Seandainya saat ini Anda tidak tahu ke mana nama domain terarah, maka Anda bisa menggunakan whatmydns atau command dig untuk mencari NS records. Jalankan command berikut ini via terminal atau putty:

dig NS +short domainanda.com (namadomain)

Opsi 1 – Menggunakan dua A records

Name TTL Type Address
example.com 14400 A 153.92.211.25
www.example.com 14400 A 153.92.211.25

Opsi 2 – Menggunakan A record dan CNAME

Name TTL Type Address
example.com 14400 A 153.92.211.25
www.example.com 14400 CNAME  example.com

Menjalankan DNS Lookup

Setelah mengetahui cara mengarahkan domain ke VPS, maka sekarang saatnya mengecek apakah records sudah ditambahkan dengan benar atau tidak. Anda harus ingat bahwa propagasi DNS bisa menghabiskan waktu hingga 24 jam. Karena itu, Anda harus menunggu selama beberapa jam sampai semuanya bisa diaktifkan dan digunakan Hanya saja, sebagian besar whatmydns memberikan hasil yang instan.

hosting indonesia
Admin
About Admin 125 Articles
Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*