Mengatasi Perintah Menekan F2 yang Muncul Saat Booting

hosting indonesia

Penyebab masalah ini adalah konfigurasi data BIOS tidak dapat tersimpan karena baterai CMOS tidak dapat bekerja atau telah habis. CMOS berbentuk agar besar daripada jam tangan. CMOS berfungsi untuk menyimpan konfigurasi data BIOS. Baterai CMOS ini memiliki masa aktif juga dan tidak selamanya dapat digunakan. Masa aktif baterai CMOS ini sekitar 4 tahun, tetapi semua itu tergantung pemakaiannya.

Jadi permasalahan seperti ini disebabkan oleh baterai CMOS yang telah habis dan tidak dapat bekerja, sehingga setiap komputer dinyalakan maka nantinya Anda akan selalu diminta untuk menekan tombol F2 atau F1 untuk masuk ke windows. Tentunya apabila hal seperti ini kita lakukan secara terus menerus pada saat komputer akan dinyalakan, maka tentunya akan membuat Anda sangat repot dan tentunya lama kelamaan bisa pusing juga dibuatnya.

Lalu apa yang harus dilakukan ?

Solusinya adalah dengan mengganti CMOS. Untuk memasangnya sangat gampang, Anda tinggal membuka casing dan kemudian membuka CMOS yang ada pada motherboard. Membuka CMOS ini akan lebih gampang dengan menggunakan bantuan obeng minus. Untuk membuka CMOS yang harus dilakukan adalah mendorong sekaligus menekan pengunci CMOS dengan menggunakan obeng minus sampai CMOS benar-benar terlepas.

Sebenarnya permasalahan ini tidak perlu Anda cemaskan dan tidak perlu juga Anda membawanya ke toko komputer, karena Anda dapat melakukannya sendiri. Kalau Anda membawanya ke toko komputer maka nantinya akan ada tambahan biaya pemasangan. Lebih baik Anda memasang sendiri hitung-hitung hemat juga.

hosting indonesia
Yogi Juliyanto
About Yogi Juliyanto 138 Articles
Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Be the first to comment

Leave a Reply