Perbedaan Antara Harddisk Sata dan Ata

Penting untuk mengetahui beberapa hal mengenai hardware komputer, seperti jenis jenis hardisk. Hardisk adalah hardware komputer yang paling banyak dikenal, karena fungsi Vitalnya sebagai tempat penyimpanan data. Harddisk merupakan komponen penting sebuah perangkat komputer dan laptop. Dalam sejarah perkembangan teknologi, komponen penyimpanan data itu terbagi menjadi dua tipe, yaitu SATA dan ATA. Lalu, adakah perbedaan SATA dan ATA?

Harddisk SATA

Serial Advanced Technology Attachment atau SATA merupakan teknologi mutakhir dari model PATA (Paralel dvanced Technology Attachment). Meski menawarkan keunggulan dan standar yang telah terbukti ampuh, PATA memiliki kelemahan yang sangat mengkhawatirkan. Teknologi kuno SATA (PATA) punya panjang kabel yang terbatas, yakni 46 sentimeter, perangkat Harddisk cepat panas karena fitur pendingin tidak bekerja optimal. Kemampuan maksimum transferdata hanya 133 MB/detik. Kemampuan SATA jelas jauh melebihi PATA, mengandalkan kabel tipis, konektor 7-pin ukuran kecil dan transfer data super cepat. Panjang kabel hingga 1 meter dan mudah diatur hingga aliran udara bebas masuk lebih optimal ke dalam casing Harddisk. SATA hanya butuh daya sekitar 250 mV sedangkan generasi terdahulu butuh daya 5 volt. Faktor tersebut berefek positif karena tegangan inti chip jadi lebih stabil.

Lalu, apa sih perbedaan SATA dan ATA terutama keunggulannya? Bila melihat performa, tenaga dan konektor, SATA layak berada di posisi terdepan. Beberapa produsen mulai beralih dan menggunakan tipe ini sebagai standar utama. SATA terkenal dengan fitur hot-swap, sebuah metode pintar yang mampu menyalakan atau mematikan perangkat komputer tanpa shut down.

Harddisk ATA

Advanced Technology Attachment atau ATA merupakan tipe Harddisk yang sering terpasang di perangkat komputer saat ini, namun penggunanya cenderung menurun dari tahun ke tahun. ATA mengusung 16 bit paralel yang sudah menjadi standar baku sejak tahun 1986. Teknologinya berkembang pesat, terutama dalam hal kecepatan transfer data. ATA-7 merupakan standar terakhir yang diperkenalkan secara resmi pada tahun 2001, kecepatan transfer data mencapai 133 MB/detik dan mengontrol perangkat komputer memakai 16 bit paralel.

Perbedaan SATA dan ATA terlihat jelas dari power dan kabel data yang digunakan, keduanya sangat berbeda. ATA 200GB mengandalkan kabel pita setebal 2 inci dan 40 pin koneksi data, setiap 4 pin sambungan butuh tegangan 5V. Panjang kabel ATA tergolong pendek, hanya sekitar 18 inci.

Kesimpulan Perbedaan Antara Harddisk SATA Dan ATA

Bila menyinggung perbedaan SATA dan ATA,maka teknologi Harddisk SATA jelas lebih unggul karena tidak membutuhkan daya besar, transfer data tercepat, kabel lebih panjang dan tidak mudah panas. Sedangkan ATA butuh daya besar, kabel pendek, transfer data tidak terlalu cepat dan mudah panas.

(Dikutip dari berbagai sumber)

hosting indonesia
Admin
About Admin 81 Articles
Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*