Perbedaan RAM DDR3 dan DDR4 pada Komputer

hosting indonesia

Kalian pasti pernah mendengar istilah DDR dalam RAM komputer bukan? Ada yang DDR3, DDR4 dan lain-lain. Namun, apasih perbedaan RAM DDR3 dan DDR4?

Sebenarnya ada beberapa hal yang membedakan kedua jenis RAM ini mulai dari kecepatan hingga harga. Berikut ini perbedaannya.

Pengertian


RAM DDR3

DDR3 merupakan jenis DRAM atau Dynamic Random Access yang merupakan penerus dari pendahulunya yakni DDR DDR2.

Sudah jelas RAM ini memiliki reputasi dan juga kinerja yang lebih baik dari jenis sebelumbnya, yakni DDR dan DDR2. Apa yang membedakannya? Modul pada DDR3 disebut dengan SO-DIMM dan ukuran panjangnya yang memadai.


RAM DDR4

Sedangkan RAM DDR4 sendiri mulai diperkenalkan pada tahun 2014 silam, sebagai penerus dari DDR3. Namun awal perilisannya DDR4 masik sangat jarang digunakan, karena tidak mendukungnya Motherboard seri lama.

DDR4 sendiri memiliki kemajuan dan perbaikan yang cukup siginifikan, dan sudah mendukung memori hingga 16GB. Dibagian tegangannya DDR4 memiliki 1.2 v dengan panjang modul yang sama dari DDR3.


Kecepatan membaca RAM

Clock Speed, Kecepatan Membaca RAMPada DDR3, pilihan clock speed (atau kecepatan baca tulis pada RAM) paling umum terbagi menjadi 4 kemungkinan saja, yakni 1333MHz, 1600MHz, 1866MHz, dan 2133MHz. Dan kecepatan 2133MHz itu yang paling tinggi.

Secara teknis, sebenarnya ada juga konfigurasi dengan kecepatan 800MHz dan 1066MHz, tapi hampir tidak ada yang memroduksinya karena dianggap sudah tidak relevan dengan kebutuhan komputasi pengguna.Clock Speed, Kecepatan Membaca RAM.


Sementara pada DDR4 sampai saat ini belum terlihat sampai mana batas clock speed tertinggi yang bisa dicapai, itu artinya belum pernah ada yang mencapai clock speed maksimal di DDR4.


Sebagai contoh, G.Skill, salah satu produsen RAM ternama, menunjukkan konfigurasi DDR4 dengan kapasitas 128GB, lengkap dengan 4 modul mandiri berkapasitas 32GB yang masing-masing punya clock speed 300MHz. Ada juga seri G.Skill TridentZ 8GB yang sudah beredar di pasaran dengan clock speed 4266MHz.


Selain itu jika kalian ingin membeli RAM baik DDR3 atau DDR4 carilah yang penggunaan dayanya rendah. Karena semakin rendah atau kecil maka semakin bagus.


Nah, DDR4 bisa bekerja lebih baik dari DDR3 hanya dengan menggunakan 1.2 volt saja. Untuk keadaan tertentu, DDR4 bahkan bisa ditekan cukup sampai 1.05 volt, tergantung dengan pabrikannya dan kapasitas modul.


Meski begitu, DDR3 juga sebenarnya sudah berusaha untuk lebih rama lingkungan dengan membuat varian DDR3L yang bekerja pada 1.35 volt. Namun, tetap saja DDR4 jauh lebih unggul dari itu.


Harga, DDR4 Jauh Lebih Mahal

Secara keseluruhan, DDR4 punya banyak keunggulan dari DDR3. Namun, seperti yang kita tahu, ada kualitas, tentunya ada harga yang pantas untuk dibayar.

Buat kamu yang punya budget terbatas, bisa memilih laptop dengan RAM DDR3. Sementara itu, buat kamu yang suka nge-game dan punya budget lebih, bisa memilih laptop dengan RAM DDR4.


Nah itulah perbedaan antara RAM DDR3 dengan DDR4, terima kasih. Semoga bermanfaat.

hosting indonesia
Yogi Juliyanto
About Yogi Juliyanto 190 Articles
Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*