Perbedaan Virus, Malware, Worm, dan Trojan

Komputer ibaratkan sebuah tubuh yang juga bisa terkena penyakit. Penyakit pada komputer ataupun laptop bisa saja menghapus data, menghilangkan, menyembunyikan, menjadikan kerja komputer jadi lamban bahkan bisa merusak beberapa aplikasi penting yang sengaja di pasang pada komputer.

Adapun penyakit komputer yang sering kita dengar diantaranya Virus, Malware, Worm dan Trojan. Kendati keempatnya kerap menyerang komputer kita, namun kadang kita susah membedakan mana yang termasuk virus, Malware dan sebagainya. Tidak jarang pula kita salah presepsi mengenai gangguan komputer ini. Setiap ada gangguan mengenai komputer yang diakibatkan salah satu dari keempatnya, kita selalu menganggap itu adalah ulah virus. Padahal sebenarnya bisa jadi gangguan tersebut diakibatkan oleh malware, worm, ataupun Trojan.

Nah, berikut beberapa perbedaan Virus, Malware, Worm, dan Trojan:
1. Virus

Virus merupakan penyakit komputer yang paling familiar. Setap ada gangguan selalu dianggapnya virus. Padahal virus sendiri merupakan malware yang membutuhkan orang lain untuk menjalankannya. Biasanya, pengguna atau orang lain dibuat mengklik virus tersebut. Setelah terklik, maka secara otomatis, virus tersebut langsung aktif dan mengganggu komputer. Untuk dapat membuat orang mengklik virus tersebut, maka biasanya selalu dibuat menarik dan penasaran, seperti aplikasi, crack, bahkan gambar-gambar yang menarik perhatian.

2. Malware
Malware atau lengkapnya bernama Malicious Software merupakan program atau software yang sengaja diciptakan untuk tujuan jahat. Sesuai dengan niatnya diciptakan, maka Malware sangatlah merugikan. Tidak hanya merusak data atau file, tetapi Malware juga mampu menghapus bahkan menyembunyikan data.

3. Worm
Worm merupakan malware yang bisa aktif tanpa membutuhkan pihak ketiga layaknya virus. Begitu malware ini masuk ke komputer, maka secara otomatis penyakit komputer ini menginfeksi komputer Anda. Oleh karena itu, dibutuhkan system keamanan untuk data atau file agar worm ini tidak bekerja maksimal merusak dan melakukan aktifitasnya yang merugikan.

4. Trojan
Trojan merupakan program yang sengaja diciptakan untuk memata-matai atau mencuri data. Biasanya Trojan sering digolongkan ke dalam virus, karena kadang membutuhkan orang untuk mengaktifkan aplikasi tersebut.

Jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan komputer dengan menginstal antivirus yang kuat. Beberapa antivirus yang direkomendasikan adalah: Avast, Kapersky, McAfee, Avira, AVG, dan Norton. Namun perlu diperhatikan bahwa masing-masing antivirus memiliki kelebihan dan kekurangan.

(Dikutip dari berbagai sumber)

hosting indonesia
Admin
About Admin 81 Articles
Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*