Perhatikan 5 Hal Ini Jika Ingin Upgrade Hardisk Laptop

Hardisk merupakan media penyimpanan yang sangat dibutuhkan pada komputer. Pada laptop biasanya kapasitas hardisknya cukup dibatasi, jadi Anda tidak bisa menyimpan banyak-banyak. Nah, jika memang Anda berniat untuk melakukan upgrade hardisk untuk laptop, berikut hal yang perlu diperhatikan.

1. Perhatikan kapasitas hardisk
Biasanya banyak orang membeli hardisk laptop berkapasitas besar. Yang perlu diperhatikan bahwa setiap laptop sudah diberi batasan kapasitas dari vendornya. Jadi, Anda sebaiknya mengetahui berapa batasan upgrade kapasitas yang mendukung untuk laptop Anda.

2. Merk hardisk
Membeli hardisk untuk laptop itu harus berhati-hati. Karena, memang laptop biasanya diciptakan di mana di semua yang ada di dalamnya sudah satu paket. Jadi, penggantian atau upgrade hardisk ada baiknya Anda pastikan memiliki merek dan juga tipe yang sama. Ukuran bisa saja berubah karena yang Anda lakukan adalah upgrade. Kenapa melakukan upgrade hardisk harus diganti? Ini karena beberapa laptop tidak memberikan dukungan 2 slot untuk hardisk. Ada pun dukungan tambahan media penyimpanan ada laptop itu hanya bisa dengan SSD saja.

3. Teliti hardisk dengan baik
Membeli hardisk laptop memang saat ini sudah cukup mudah. Anda bisa mendapatkannya dari toko-toko komputer manapun. Hanya saja, yang perlu Anda perhatikan adalah apakah hardisk tersebut baru atau bekas hasil rekondisi. Melihat perbedaannya memang biasanya cukup sulit. Maka ada baiknya untuk Anda ditemani oleh seseorang yang ahli, agar tidak tertipu membeli hardisknya. Anda juga memperhatikan pada bagian pin-pin serta papan PCB hardisk. Jika ada debu yang melekat atau pinnya sudah berwarna agak kecoklatan maka, sebaiknya Anda tidak membelinya.

4. Cek harga 
Sekarang ini sudah ada banyak sekali situs yang bisa membantu Anda dalam mengecek harga hardisk terbaru. Walaupun memang harga tersebut berbeda dengan tempat tinggal Anda, namun perbedaannya tersebut biasanya hanya sedikit saja. Anda jangan tertipu dengan harga yang murah dan promo dari hardisk tersebut.

5. Garansi hardisk
Yang terpenting agar Anda tidak mudah tertipu dengan hardisk baru atau rekondisi. Anda pastikan hardisk tersebut memiliki garansi yang lama baik dari tokonya sendiri atau dari produsennya langsung. Dengan garansi waktu yang lama diberikan dari toko atau vendor maka, tentunya jaminan jika sewaktu-waktu hardisk tersebut mengalami kerusakan Anda bisa mendapatkan pergantian atau perbaikan dari tokonya.

Jika Anda telah membeli hardisk baru, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memindahkan data-data dari hardisk lama Anda. Ini tentunya membutuhkan media penyimpanan tambahan untuk memindahkannya, seperti misalnya hardisk eksternal.

hosting indonesia
Admin
About Admin 81 Articles
Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*