Tips Menghemat Baterai Laptop

Anda yang mungkin lebih menyukai menggunakan laptop daripada komputer, dimana laptop memang lebih simple dan mudah jika dibawa kemana-mana. Laptop menggunakan baterai sebagai sumber energi, sehingga penggunaannya terbatas, tapi keunggulan dari laptop ini bisa digunakan ketika listrik padam. Tentu saja jika baterai laptop sudah terisi sebelumnya, bagi beberapa pengguna laptop, kekuatan atau daya tahan baterai menjadi sebuah masalah yang cukup penting. Maka dari itu sebagai pengguna laptop membutuhkan tips mengenai cara menghemat baterai laptop saat digunakan.

Menjaga laptop tetap bersih
Kondisi laptop yang berdebu, apalagi berdebu pada bagian dalam laptop akan menyebabkan board laptop menjadi semakin panas. Semakin panasnya suhu didalam laptop akan mengakibatkan kipas yang ada pada laptop bekerja semakin keras, inilah yang akhinya menjadikan konsumsi daya meningkat.

Rutin defrag harddisk
Bagi Anda mungkin masih awam dengan istilah defragdefragment. Ini adalah tool bawaan dari windows yang memungkin kan data pada harddisk Anda ditata kembali sedemikian rupa, sehingga prosessor Anda akan lebih cepat untuk membaca dan menemukan data yang Anda mau. Dengan lebih tertatanya data maka konsumsi daya oleh prosessor untuk mencari data akan berkurang.

Jangan terlalu sering menggunakan USB
Disadari atau tidak, tindakan seperti itu juga akan menambah konsumsi daya laptop. Karena kalau Anda ketahui bahwa setiap device yang terhubung ke USB akan mengkonsumsi tegangan dari baterai. Tegangan output yang dihasilkan dari tiap-tiap port USB adalah 5VDC.

Minimalisir penggunaan DVD ROM
Ini disebabkan karena penggunaan DVD akan memakan tenaga baterai laptop secara berlebihan, untuk contoh, bandingkan saja laptop dengan netbook, baterai laptop pasti akan lebih sebentar jika dibandingkan baterai netbook, selain cell baterai netbook lebih banyak, netbook juga tidak memiliki DVDRW internal, sehingga baterai netbook bisa bertahan lebih lama.

Nonaktifkan Desktop Gadget
Klik kanan Desktop pilih close gadget dan jika ingin membuang salah satu gadgetnya yang dikira kurang penting bisa di uninstall saja gadgetnya dengan mengklik kanan pada gadget.

Mode Hibernate Lebih Baik daripada Sleep
Pada mode sleep (stand by) komputer mematikan harddisk dan display, namun memori masih tetap aktif meskipun prosesor dalam keadaan hampir mati. Sedangkan di mode Hibernate semua aplikasi yang sedang aktif akan disimpan ke dalam harddisk, dan setelah itu komputer akan dimatikan secara total. Nah hibernate bisa lebih menghemat baterai jika dibanding dengan sleep (stand by).

Itulah tips menghemat baterai laptop, semoga bermanfaat bagi Anda.

hosting indonesia
Admin
About Admin 81 Articles
Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*