Tips Merakit Komputer PC Sendiri

Close-up of a human hand holding tweezers with a computer detail on the foreground

Merakit komputer sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya butuh perencanaan yang tepat sebelum menentukan untuk merakit komponen-komponen dalam komputer. Pengetahuan dasar tentang komputer juga harus Anda kuasai sebelum merakit komputer. Tidak sulit, hanya membaca materi-materi di buku, internet, dan banyak lagi. Bagi Anda yang betul-betul ingin merakit komputer sendiri, ikuti tips berikut ini.

Berikut adalah tips merakit komputer sendiri.
1. Tentukan terlebih dahulu spesifikasi sesuai kebutuhan. Langkah ini sangat penting sebelum Anda memutuskan untuk merakit komputer sendiri. Pastikan bahwa Anda telah membuat list tentang komponen yang dibutuhkan. Namun, sebelum itu, Anda sudah menentukan jenis komputer apa yang ingin Anda rakit. Semisal, komputer untuk game, maka buatlah list komponen yang sekiranya mumpuni untuk menjalankan game berat. Intinya, Anda tentukan spesifikasinya terlebih dahulu.

2. Setelah berhasil menentukan spesifikasi yang tepat atau sesuai kebutuhan, maka segera sesuaikan dengan dana yang kini Anda punya. Jangan sampai Anda membeli komponen komputer dengan harga fantastis sehingga menguras biaya, tetapi pemakaiannya kurang maksimal. Untuk itu sesuaikan dengan berapa uang yang Anda punya. Orang-orang menyebutnya dengan istilah budget. Tentukan budget Anda berapa, lalu mulailah berbelanja.

3. Saatnya berbelanja. Pergi ke toko komputer terdekat, lalu bawa list komponen yang telah Anda buat sebelumnya. List tersebut biasanya terdiri atas: Disk drive, Hard disk, VGA (Video graphics card), RAM (Random Access Memory), Processor, Motherboard, Casing. Tujuh komponen tersebut merupakan komponen dasar dalam CPU.

4. Mulai merakit komputer. Beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan ketika merakit komputer adalah sebagai berikut:

Siapkan perangkat motherboard, lalu amati soketnya untuk penyesuaian tempat pemasangan.
*. Pasang processor ke dalam motherboard.
*. Pasang RAM ke dalam soket.
*. Siapkan casing komputer, pasang motherboard ke dalam casing.
*. Pasang kabel hard disk, CD Room, Power supply, dan flopy disk.
*. Kemudian pasang perangkat VGA, sound card, dan card lain yang Anda perlukan.
*. Siapkan monitor, pasang kabelnya ke USB VGA dan kabel yang lain dipasang ke power supply.
*. Apabila semua komponen telah terpasang, kembali lakukan pencekan dan pastikan bahwa tidak ada komponen yang renggang.
*. Selanjutnya, hubungkan komputer dengan sumber listrik, kemudian coba nyalakan.
*. Selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi pada sistem operasi.

Semoga bermanfaat.

hosting indonesia
Admin
About Admin 81 Articles
Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*